Minggu, 27 Mei 2012

About Us...,

KOMUNITAS GEDUNG PAPAK

Kronologis seputar pembentukan sebuah wadah yang bernama Komunitas Gedung Papak dimulai dari diskusi kecil beberapa tokoh pemuda Pamarayan yang memiliki keinginan untuk membentuk suatu organisasi yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk menampung ide, serta gagasan-gagasan mengenai pelestarian cagar budaya Bendungan Lama Pamarayan.
Komunitas Gedung Papak merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang pelestarian bangunan bersejarah bendungan lama pamarayan.   Sejak dimulainya pembangunan bendungan lama pamarayan pada era kolonial yakni tahun 1905 dan selesai pada 1935. Pengerjaan pembangunan bendungan lama pamarayan memakan waktu kurang lebih tiga puluh tahun, karena pada kurun waktu 1905-1935 terjadi perang dunia I sehingga berdampak pada terhentinya untuk sementara waktu pembangunan bendungan. 
Pada tahun 1970 bendungan lama pamarayan mulai mengalami perbaikan (PELITA I), kemudian pada tahun 1985 bendungan pamarayan mulai mengalami kerusakan pada pondasi yang disebabkan oleh penggalian pasir di jalur irigasi hilir. Bendungan lama pamarayan mulai dimakan usia sehingga tahun 1992 dimulai proyek pembangunan bendungan baru pamarayan sampai diresmikan pada tahun 1997. Sejak saat itu bendungan lama pamarayan sudah tidak berfungsi samapai saat ini dan telah menjadi cagar budaya peninggalan bersejarah.
Bendungan Lama Pamarayan tidak hanya sekedar bangunan bersejarah, namun lebih dari itu Bendungan Lama Pamarayan telah menjadi sebuah simbol dari nilai historis daerah dan telah terpatri dihati masing-masing individu yang merasa peduli dengan peninggalan bersejarah Bendungan Lama Pamarayan . Dalam konteks kekinian, kondisi memprihatinkan  Bendungan Lama Pamarayan sejak tidak berfungsi lagi sebagai bendungan  menjadi latarbelakang Komunitas Gedung Papak untuk menjadi bagian dalam upaya merawat serta ikut berupaya melestarikan keberadaan bendungan lama pamarayan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar